EKONOMI ITU MUDAH

EKONOMI ITU MUDAH, iya ekonomi itu memang mudah. Siapa yang tidak pernah melakukan kegiatan ekonomi? pasti semua manusia yang pernah ada melakukan kegiatan ekonomi. ketika masih berusia 5 tahun kita meminta uang kepada orang tua kemudian membelikan coklat, itu sudah termasuk kegiatan ekonomi atau ketika kita membeli tiket busway dan menggunakan jasa transportasi tersebut itu juga merupakan kegiatan ekonomi.

EKONOMI ITU MUDAH, iya ekonomi itu mudah. Ketika masa kuliah kebanyakan dari teman-teman mengatakan Pasar Modal? Pasar Apa? Modal memangnya ada di Pasar? iya pasar modal, pasar artinya tempat bertemunya seorang pembeli dan penjual, ada sistem tawar menawar kemudian ada harga kesepakatan dan tentunya ada barang yang diperjual belikan. Perbedaan mendasar adalah barang atau produk apa yang dijual? Jika yang dijual merupakan daging sapi, berarti itu pasar daging, jika yang dijual lebih bervariasi berarti itu pasar swalayan atau mungkin jika pasar itu menjual uang berarti itu pasar uang. barangnya berupa uang, ada sistem tawar menawar harga dan pasti ada pembeli dan penjual.

EKONOMI ITU MUDAH, iya ekonomi itu mudah. ketika belajar tentang akuntansi yang kebanyakan merasa dipusingkan dengan banyaknya aturan baku dalam akuntansi yang membuatnya menjadi kaku. Namun, tunggu dulu ketika logika berjalan pasti akuntansi dapat diselesaikan. misalkan saya mempunyai usaha kecil dan memiliki 10 karyawan. saya memiliki tempat usaha yang berukuran 4 x 4 yang didalamnya terdapat komputer, meja dan perlatan pendukung lainnya. perusahaan saya telah memiliki “Nama” yang dikenal di masyarakat dan ketika saya memulai usaha tersebut 1/4 modal saya dapatkan dari pinjaman. Jadi perusahaan apakah yang saya miliki? bukan itu yang saya tanyakan hehehe, yang menjadi pertanyaan dimana posisi keuangan saya? oke sekarang kita jabarkan. Harta merupakan apa saja yang kita miliki. Apa saja yang kita miliki? 1. tempat usaha 2. Komputer 3. Meja 4. Perlatan 5. Nama Perusahaan. itu adalah harta kita dan akan kita masukan dalam posisi neraca yaitu aktiva atau asset. kemudian ada karyawan. karyawan akan mendapatkan reward berupa gaji dan gaji tersebut akan mengurangi pendapatan usaha jadi masuklah gaji karyawan sebagai pengurang dalam laporan laba rugi dan termasuk jenis biaya. kemudian ketika memulai usaha saya meminjam uang. Pinjaman tersebut merupakan kepemilikan pihak luar dan akan kita kembalikan maka letakkan pinjaman tersebut disisi Hutang.

Jadi pada intinya EKONOMI ITU MUDAH karena kita telah setiap hari dan setiap waktu. Blog ini akan membicarakan tentang Ekonomi khusus pada akuntansi dan investasi. Blog ini adalah penyempurnaan dari blog sebelumnya. Blog ini diharapkan akan memberikan informasi yang berguna untuk masyarakat luas.

 

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s