KENAPA HARUS BERINVESTASI?

Kenapa harus beinvestasi? Investasi itu kan besar risikonya lebih baik uangnya ditabung saja biar lebih aman. Inilah ucapan yang sering diungkapkan oleh masyarakat Indonesia yang lebih memilih membuka rekening bank ketimbang membuka rekening efek. Mindset ini yang terbentuk dalam  masyarakat Indonesia. Robert T Kiyosaki dalam bukunya Cashflow Quadrant menjelaskan bagaimana seseorang mendapatkan penghasilannya, memilih untuk keamanan berkerja atau kebebasan financial. Cashflow Quadrant dibagi menjadi dua bagian yaitu sisi kiri dan sisi kanan. Employee dan Self Employed adalah individu yang penghasilannya berada disisi kiri dan Business Owner dan Investor adalah penghuni sisi sebelah kanan. Nah, kita sudah mengetahui kedua sisi tersebut dan siapa saja penghuninya sekarang mari kita bahas secara singkat apa yang ada dalam Cashflow Quadrant ini.

Employee atau perkerja adalah individu yang selalu menghabiskan waktunya untuk berkerja dan berkerja mereka terjebak dalam “perlombaan tikus” dimana mereka selalu bangun pagi untuk berkerja dan pulang disore hari dan sayangnya hal tersebut menjadi rutinitas yang tidak dapat ditinggalkan karena jika mereka tinggalkan perkerjaan  mereka tidak akan mendapatkan penghasilan. Mereka yang berada dalam quadrant  ini lebih memilih keamanan pekerjaan ketimbang kebebasan financial

Self Employed atau perkerja sendiri, contoh dari quadrant ini adalah para akuntan dan pengacar yang membuka kantor firm sendiri. Individu yang berada diposisi ini banyak kemiripan dengan yang sebelumnya dimana jika mereka meninggalkan perkerjaan maka mereka tidak akan mendapatkan penghasilan.

Business Owner, adalah mereka yang memiliki system bisnis yang telah teruji. System yang telah teruji ini yang dibeli oleh para investor. Untuk menguji apakah system yang diciptakan telah berhasil atau tidak Kiyosaki berkata “tinggalkan bisnis yang anda miliki selama 5 tahun dan lihat lah apakah system yang Anda ciptakan berjalan lancar dan mendapatkan laba?”. Individu yang berada di sisi ini memiliki inovasi dan etos kerja yang tinggi karena untuk menciptakan system bisnis yang teruji tersebut dibutuhkan perhatian yang khusus.

Investor, adalah para pemilik modal yang membeli system bisnis yang diciptakan oleh business owner. Investor menanamkan modalnya dalam bentuk saham dan instrument lainnya untuk membeli system tersebut.

Penjelasan yang cukup simple bukan? Kiyosaki menyarankan untuk berada dalam sisi kanan baik dalam business owner atau investor karena di sisi inilah Anda akan mendapatkan kebebasan financial. Namun demikian, sebagai tambahan sebaiknya individu berada dalam kedua sisi tersebut. Logikanya adalah jika kita berdiri dengan satu kaki, kita akan mudah jatuh ketimbang kita berdiri dengan dua kaki. Oleh karena itu, kita harus mengkombinasikan di quadrant mana kita akan berdiri supaya mendapatkan penghasilan yang optimal.

Oke sedikit saran dari saya jika anda ingin mendapatkan kebebasan financial saya lebih menyarankan untuk berada dalam posisi investor karena untuk menciptakan suatu system bisnis yang handal dibutuh perhatian yang khusus, waktu yang cukup panjang dan inovasi yang tinggi. Oleh karena itu, saya lebih menyarankan untuk berada dalam posisi investor ketimbang business owner.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s